Buah naga (Hylocereus polyrhizus) adalah jenis buah tropis yang eksotik, karena dikenal karena kulit dan daging buah yang manis berbintik-bintik. Rasa buah naga manis, atau lebih mirip seperti campuran buah kiwi dan pir.
Varietas buah naga yang paling banyak tersedia yaitu daging buah putih dengan biji hitam, dan daging buah merah dengan biji hitam.

Selain penampilannya yang menarik, buah naga atau dragon fruit kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan lho.

Berikut adalah penjelasan dari kandungan, manfaat buah naga untuk kesehatan hingga efek samping buah naga jika dikonsumsi berlebihan

Kandungan Nutrisi Buah Naga
Buah naga termasuk buah yang rendah kalori, namun kaya akan vitamin. Mengutip repository Universitas Diponegoro (Undip), kandungan zat gizi buah naga merah per 100 g antara lain:

Protein: 0,16 – 0,23 0,53 g
Lemak: 0,21 – 0,61 2,00 g
Serat: 0,7 – 0,9 0,71 g
Vitamin C: 8,0 – 9,0 9,40 mg
Karbohidrat: 11,5 11,5 g
Fosfor: 30,2 – 36,1 8,70 mg.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
Dikutip dari laman Pharmeasy dan Healthline, beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Antioksidan
Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan, yakni senyawa yang mampu melindungi sel dari molekul tidak stabil atau disebut radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab dari berbagai penyakit kronis dan penuaan.

Adapun beberapa antioksidan utama yang terkandung dalam daging buah naga antara lain:

Betalains: pigmen merah tua yang membantu untuk melindungi dari kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat” agar tidak teroksidasi.
Hydroxycinnamates: kelompok senyawa yang bersifat antikanker.
Flavonoid: kelompok antioksidan terkait dengan kesehatan otak dan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Membantu Menyehatkan Usus
Salah satu manfaat buah naga yaitu bisa untuk mengobati masalah usus, karena buah naga mampu membantu usus untuk tetap sehat. Salah Usus merupakan tempat bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri.

S. Wichienchota, dkk, dalam unggahan jurnal laman Science Direct tahun 2010, menuliskan bahwa buah naga mengandung prebiotik, yang berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Mengkonsumsi probiotik secara teratur, akan membantu mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Punya sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mampu melawan infeksi dan penyakit. Studi tahun 2004 oleh Boon P Chew dan Jean Soon Park dari Department of Animal Sciences, Washington State University, mengungkapkan kandungan Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Ini dilakukan dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Dalam sistem kekebalan, sel darah putih bisa menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, sangat sensitif terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan
Buah naga bermanfaat untuk pencernaan. Buah naga kaya akan oligosakarida (karbohidrat) yang akan membantu pertumbuhan bakteri baik, seperti flora untuk membantu melancarkan pencernaan. Buah naga juga mengandung serat tinggi yang membantu menyehatkan pencernaan.